Pj Bupati Muaro Jambi Menerima Penghargaan Dari Musium Rekor MURI Dalam Rangka Pengelaran Senandung Jolo


alurnarasi.com - Muaro Jambi - Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah Menerima Penghargaan dari Musium Rekor MURI dalam Rangka Pergelaran Senandung Jolo Alat Musik Tradisional Yang Dimainkan Oleh 1012 Siswa-siswi SMP Sekabupaten Muaro Jambi pada hari Puncak Hari Pendidikan Nasional.Giat Dilaksanakan di Depan Lapangan Bola Kaki Bukit Cinto Kenang Kantor Bupati. Kamis (02/05/2024) 

Piagam penghargaan diberikan secara langsung oleh kustomer Relationce Manager MURI, Andre purnwandono kepada Penjabat Bupati.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Muaro Jambi Budhi Hartono,Forkompinda,Anggota DPRD Kabupaten Muaro Jambi,Kepala Opd Lingkupan Perkantoran Muaro Jambi,Kepala Sekolah SMP Sekabupaten Muaro Jambi,Siswa-siswi SMP sekabupaten Muaro Jambi dan undangan lainnya. 

Dalam Sampainya Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah Mengatakan kegiatan yang digelar secara masal untuk melestarikan budaya asli Muaro Jambi Senandung Jolo yang merupakan alat Musik Tradisional yang dimainkan oleh parah siswa-siswi SMP sekabupaten Muaro Jambi.

"Lanjut Dirinya Mengucapkan Terimakasih Kepada Team MURI Dunia Yang Telah Memberikan Penghargaan Kepada Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi Untuk Dapat Melestarikan Budaya ini Supaya Tidak Punah." Ucapnya

Saya Atas nama Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi dan Masyarakat merasa bangga karena pada Hari menerima penghargaan yang luar biasa spesial.

"Satu kata dan kesan terharu di akhir masa jabatan saya sebagai Pj Bupati Muaro Jambi saya diberikan oleh kejutan oleh Dinas Pendidikan dan jajaran Opd Lainnya bisa memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Muaro Jambi"Katanya

Untuk diketahui , Untuk diketahui, Senandung jolo merupakan salah satu jenis seni vokal tradisional dari Kelurahan Tanjung Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi dan dikategorikan sebagai sastra tutur karena bentuk sajian berupa pantun diiringi alat musik gambang.

Munculnya kesenian senandung jolo berawal dari kebiasaan masyarakat dahulu yang sebagian basar mata pencarian behumo (berladang) dihutan. 

"Gambang adalah alat musik sejenis perkusi yang terbuat dari beberapa bilah kayu. Gambang ini sebagai instrumen pertama untuk mengiringi vokal dari sebuah pantun yang diciptakan serta gong juga instrumen pertama yang berfungsi sebagai pengiring dari vokal sebuah pantun senandung jolo tersebut. Akan tetapi, sesuai dengan perkembangan zaman instrumen ini bertambah dengan menggunakan rebana siam dan gendang bermuka dua."Ujarnya

Penyajian senandung jolo ini digunakan pada saat berselang atau akan berlangsungnya perkawinan, pengukuhan adat pada hari-hari besar an berbagai acara-acar formal lainnya didaerah tersebut.

Senandung jolo telah ada di kelurahan tanjung dan sudah berada diambangkepunahan karena tidak ada yang meneruskannya.

"Hal ini disebabkan tidak adanya minat dan kecintaan anak-anak terhadap kesenian itu. sebab, dilain pihak tidak ada inisiatif atau kurangnya perhatian para seniman tradisi untuk menularkan kesenian tersebut." Sampainya

Karnanya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muaro Jambi Firdaus berharap, dengan dilibatkannya ribuan anak SMP bermain senandung Jolo secara massal ini dapat memberikan motivasi bagi siswa lainnya untuk mengembangkan dan melestarikan budaya lokal Jambi in.

Terkini